Quote of The Day ...

QUOTE OF THE DAY:
Build me a son, O Lord, who will be strong enough to know when he is weak, and brave enough to face himself when he is afraid, one who will be proud and unbending in honest defeat, and humble and gentle in victory.~ Douglas MacArthur

Sabtu, 02 Oktober 2010

Bercermin pada Prestasi Kaum Muda Indonesia ...

"Educatio puerorum reformatio mundi"~ Mendidik kaum muda adalah mereformasi dunia ~ semboyan Kolese Jesuit.


Satu demi satu, kaum muda Indonesia mengukir prestasi di dunia internasional. Meskipun belum banyak dalam dunia olah raga, tetapi pada sisi intelektual, kaum muda ini sudah mencitrakan Indonesia sebagai salah satu gudang orang pandai di tingkat dunia. Kaum muda ini menggambarkan kemampuan Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika sebagai salah satu negara yang berpotensi besar menjadi bangsa yang paling berprestasi di dunia.


Hiduplah Indonesia Raya!


*******************



JAKARTA, KOMPAS.com — Lima siswa Indonesia yang dikirim ke ajang Olimpiade Fisika Internasional ke-41 di Zagreb, Kroasia, yang berakhir Sabtu (24/7/2010), empat di antaranya meraih medali emas dan satu medali perak.
Yang penting kini adalah melakukan pembinaan yang baik terhadap siswa-siswa berbakat dan berprestasi.
-- Yohanes Surya
Keberhasilan tersebut semakin mengharumkan nama pelajar Indonesia di kancah olimpiade internasional setelah pekan lalu tim Indonesia juga berprestasi di International Biology Olympiad 2010 di Korea Selatan. Kelima pelajar Indonesia yang meraih medali emas itu adalah Christian George Emor (SMA Lokon St Nikolaus Tomohon, Sulawesi Utara), David Giovanni (SMAK Penabur Gading Serpong, Tangerang, Banten), Kevin Soedyatmiko (SMAN 12 Jakarta), serta Muhammad Sohibul Maromi (SMAN 1 Pamekasan, Madura, Jawa Timur). Adapun Ahmad Ataka Awwalur Rizqi (SMAN 3 Yogyakarta) meraih medali perak.

****************
JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Olimpiade Biologi Internasional (IBO) Indonesia berhasil membawa pulang 2 medali emas dan 2 medali perunggu dari ajang International Biology Olympiad (Olimpiade Biologi Internasional) ke-21, di Changwon, Korea Selatan, yang berlangsung 12-17 Juli lalu.
Kesuksesan tim Indonesia tidak lepas dari kepandaian, kecerdikan serta keuletan dan semangat keempat siswa tersebut.
-- Agus Dana Permana
Dua medali emas itu diraih Irfan Haris, siswa SMA Negeri 1 Pringsewu, Lampung dan Harun Reza Sugito, dari SMAK 1 BPK Penabur, Jakarta. Perunggu diraih Danang Crisnanto dari SMA Negeri 1 Wonogiri dan Thoriq Salafi, siswa MAN Insan Cendekia Tangerang.






***********************
Berikut ini adalah perjalanan 17 tahun perjuangan kaum muda Indonesia dalam mengukir prestasi di ajang Olimpiade Fisika Internasional, sejak 1993 di Williamsburg, USA.
2008:
TOFI News - Tim Indonesia berhasil meraih 2 medali emas di IPhO ke-39 di Vietnam

Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) yang membawa lima siswa ke ajang Olimpiade Fisika Internasional (International Physics Olympiad/IPhO) ke-39 di Hanoi, Vietnam berhasil meraih 2 medali emas, 2 medali perak dan 1 medali perunggu. Kegiatan yang telah dilaksanakan tanggal 20 Juli – 29 Juli 2008 ini diikuti oleh 82 negara dengan jumlah peserta mencapai 376 siswa.


Kelima siswa peraih medali tersebut meraih medali adalah :
1. Kevin Winata (SMAK BPK Penabur 1 Jakarta) : medali emas (nilai 40,73)
2. Rudy Handoko Tanin (SMA Sutomo 1 Medan) : medali emas (nilai 33,30)
3. Thomas Aquinas Nugraha Budi (SMAN 78 Jakarta) : medali perak (nilai 27,60)
4. Adam Badra Cahaya (SMAN 1 Jember) : medali perak (nilai 27,48)
5. Tyas Kokasih (SMA Taruna Nusantara Magelang) : medali perunggu (nilai 21,20)

2009:
TOFI News - Hasil akhir Tim Indonesia di IPhO 40 Merida Mexico
Akhirnya tim Indonesia harus puas dengan 1 medali emas, 3 perak dan 1 perunggu di event IPhO 40 Merida Mexico. Prestasi ini patut dibanggakan meskipun meleset dari target yang ditetapkan pada saat pelepasan tim yaitu 2 medali emas. Nama-nama peraih medali adalah sebagai berikut:
1. Fernaldo Richtia Winnerdy SMAK Penabur, Gading Serpong, Banten meraih medali emas
2. Winson Tanputraman SMAK 1 Penabur, DKI Jakarta meraih medali perak
3. Dzuhri Radityo Utomo SMAN 1 Yogyakarta meraih medali perak
4. Andri Pradana SMAK 1 Penabur, DKI Jakarta meraih medali perak
5. Paul Zakharia Fajar Hanakata SMAN 1 Denpasar, Bali meraih medali perunggu
Penutupan kegiatan sekaligus pembagian medali akan dilaksanakan pada hari Minggu 19 Juli 2009 di Gedung Theater Merida pada pk 09.00 - 12.00 waktu setempat, rencananya akan dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Mexico.
IPhO ke-40 kali ini diikuti oleh 316 siswa dari 71 negara dengan distribusi medali yang dibagikan adalah 41 medali emas, 70 medali perak, 79 medali perunggu dan 45 Honorable Mention. 


2010:
TOFI News - Indonesia sabet 4 emas dalam olimpiade Fisika Internasional di Zagreb, Kroasia

Siswa-siswa Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Lima siswa Indonesia meraih 4 medali emas dan 1 medali perak dalam Olimpiade Fisika Internasional ke 41 yang diadakan di Zagreb, Kroasia.
Kelima anak yang dikomandani oleh Hendra Kwee Ph.D ini adalah
• Christian George Emor SMA Lokon St. Nikolaus Tomohon Sulawesi Utara - Emas
• David Giovanni SMAK Penabur Gading Serpong, Banten - Emas
• Kevin Soedyatmiko SMAN 12 Jakarta - Emas
• Muhammad Sohibul Maromi SMAN 1 Pamekasan Madura - Emas
• Ahmad Ataka Awwalur Rizqi SMAN 3 Yogyakarta – Perak
**********************
Prestasi kaum muda juga dibina melalui ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Nasional yang diadakan setiap tahun sejak 2002.

Selamat mengukir prestasi Indonesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar