Quote of The Day ...

QUOTE OF THE DAY:
Build me a son, O Lord, who will be strong enough to know when he is weak, and brave enough to face himself when he is afraid, one who will be proud and unbending in honest defeat, and humble and gentle in victory.~ Douglas MacArthur

Sabtu, 04 September 2010

Saya Memimpikan Sebuah Sekolah ...

Menjelang hari-hari mengajar di sebuah sekolah swasta terbaik di Jakarta Selatan, girang rasanya hati ini bak bocah cilik meraih impiannya akan sebuah mainan favorit. Betapa tidak, inilah route map menuju sebuah sekolah yang sudah lama saya dan keluarga saya impikan: Simaeru School of Leadership.

Seusai menonton video promosi buku terbaru Jansen Sinamo, "Etos Keguruan", seakan saya mendapat dorongan semangat yang luar biasa hebat, membuncah dari sanubari terdalam. Betul sekali pak Jansen, pendidikan adalah tiang negara, pilar utama keluarga untuk ciptakan Indonesia yang lebih baik. Ingin rasanya membelikan banyak buku beliau untuk guru-guru di sekolah saya kelak.

“Mendidik kaum muda adalah mereformasi dunia”, demikian salah satu motto pendidikan Kolese Jesuit yang sangat terkenal. Pendidikan kaum muda yang terbaik, tidak hanya akan mengembangkan kecerdasan intelektual, namun juga kecerdasan emosional dan sosial.

Pada era globalisasi ini, pendidikan adalah tonggak utama dalam pembinaan kaum muda agar mampu menghadapi persaingan antar bangsa dan antar negara. Pendidikan dapat dikatakan berhasil apabila institusi pendidikan mampu memberikan bimbingan untuk mempersiapkan peserta didik dalam proses perkembangan dirinya agar selalu secara berkesinambungan dapat meningkatkan kompetensi mereka: pengetahuan, ketrampilan, dan sikap. Perwujudan kompetensi yang meningkat inilah yang kita kenal sebagai prestasi.

Saya memimpikan sekolah yang mengajarkan karakter yang kuat kepada semua siswa. Sekolah yang tidak mahal, namun bermutu unggul. Tidak komersial namun dicari banyak orang, bahkan lulusannya pun sudah ditunggu-tunggu sebelum mereka menjadi alumni. Sekolah itu, mengajarkan moral yang baik untuk kader pemimpin yang berbasis entrepreneurship.

Simaeru School of Leadership hanya melayani siswa SD, karena periode pendidikan sekolah dasar adalah masa sekolah yang paling lama dalam hidup setiap anak, masa keemasan dalam perkembangan hidupnya. Di sekolah ini, musik juga diajarkan sebagai pelajaran wajib, agar siswa mempunyai sense yang kreatif dalam mengambil keputusan selain membuat hatinya selalu riang gembira sepanjang usia sekolahnya.

Saya memimpikan sekolah yang didukung oleh banyak profesional yang cinta dunia pendidikan, mau mengabdi untuk membangun mental pemenang semua siswa, tulus dalam melayani dan cerdas serta kreatif dalam mengajar. Saya memimpikan guru-guru yang melayani dengan sepenuh hati tanpa kuatir kekurangan dana untuk membiayai hidup keluarganya. Sekolah akan merasa bangga ketika guru bersedia mengajar di tempat kami.

Saya percaya, jika Tuhan mengijinkan, suatu saat yang tidak terlalu lama lagi, sekolah Simaeru School of Leadership ini bisa hadir di tengah dunia pendidikan Jakarta. Sekolah yang diimpikan oleh banyak orang tua murid yang menginginkan pendidikan terbaik bagi putera-puteri mereka terkasih. Doakan agar lekas terwujud ya ... ;-)


Mari Belajar Sambil Beramal,
Benyamin Ruslan Naba

SENT - Simaeru Education Network
(Simaeru berasal dari kata dalam Bahasa Mentawai yang berarti "Baik dan Indah", Good and Beautiful)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar