Quote of The Day ...

QUOTE OF THE DAY:
Build me a son, O Lord, who will be strong enough to know when he is weak, and brave enough to face himself when he is afraid, one who will be proud and unbending in honest defeat, and humble and gentle in victory.~ Douglas MacArthur

Kamis, 23 September 2010

Simaeru eNewsletter ~ edisi 05/I/2010

Profesional, Entrepreneur & Pembelajar,
SEMANGAT PAGI!


Setiap minggu ESTUBIZI Business Center memilih artikel "baik dan indah" (Simaeru) yang membangkitkan inspirasi dan gagasan kreatif yang diambil dari berbagai sumber. Simaeru adalah sebuah kata dalam Bahasa Mentawai, suku terasing di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, yang berarti baik dan indah (good and beautiful).


Topik edisi ini adalah "Keberanian untuk Mengambil Keputusan". Kita belajar menjadi tidak takut gagal dan lebih sempurna melalui berbagai kegagalan. Selamat menikmati! 

Salam Pembelajaran. Mari Belajar Sambil Beramal!
Benyamin Ruslan Naba

ESTUBIZI Business Center - One place more activity

www.estubizi.com ~ http://estubizi.blogspot.com
Managed by PT Simaeru Indonesia Raya
T: 021-52 900 828


F: 021-52 971 875
SMS: 0882 1010 5812
E: 
estubizi.business.center@gmail.com

********************** 
* Artikel Pilihan Simaeru Minggu Ini
* Percikan Permenungan


>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
 

Banyak gagasan besar menjadi hilang karena orang yang memilikinya tak tahan ditertawakan orang - Anonim 
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>


JANGAN SEKALI-KALI BERPIKIR TENTANG KEGAGALAN! 
Oleh: Warren Bennis dan Burt Nanus 
(diambil dari Buku Sukses & Prestasi, Volume V) 





"Mereka yang berada di jalan-jalan keberhasilan selalu memandang ke depan, bukan ke belakang". 
RAY MEYER, seorang pelatih bola basket Univesitas de Paul telah berhasil memimpin regunya dengan memboyong kemenangan dalam 37 pertandingan. Suatu kali, ketika regunya mengalami kekalahan setelah meraih 29 kemenangan, saya menanyakan perasaan-perasaannya sehubungan dengan kekalahan tersebut. Jawabannya : "Luar biasa. Kini kami dapat lebih berkonsentrasi pada kemenangan daripada berusaha agar tidak mengalami kekalahan".

Bagi banyak orang, kata "
gagal" menyiratkan suatu makna titik akhir. Lain halnya bagi para pemimpin yang berhasil, kegagalan justru merupakan titik awal dan batu loncatan menuju usaha-usaha yang diperbarui. Para pemimpin besar tidak akan terpancang pada kegagalan-kegagalan.

Hal ini menjadi jelas bagi kita setelah kita mewawancarai para pemimpin yang dikenal sukses serta mengkaji kehidupan dari 90 orang pria dan wanita yang berhasil; para pemimpin perusahaan, senator, pelatih olahraga, dan lain-lain. Hasil wawancara tersebut kami jadikan sebagai bahan penulisan buku tentang kepemimpinan. Orang-orang sukses tersebut bahkan tidak pernah menggunakan kata-kata yang bersinonim dengan kegagalan seperti "kesalahan", "awal yang salah" dan "kemerosotan."

Salah seorang di antara mereka mengatakan kepada saya: "
Bila saya memiliki bentuk seni kepemimpinan, bentuk seni tersebut adalah membuat kesalahan sebanyak mungkin dan secepat mungkin, agar saya dapat belajar". 

Banyak pemimpin yang mengenang sebuah kalimat-kalimat emas yang pernah diucapkan oleh Harry Truman yang terkenal : "Bila saya membuat suatu keputusan yang ceroboh, saya tidak akan terus bergumul dengan keputusan yang ceroboh tersebut, melainkan saya akan meninggalkan keputusan tersebut dan membuat keputusan yang lain." 
Harry Truman, mantan Presiden AS





Fletcher Byrom adalah seorang pensiunan direktur Koppers, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan dan penyediaan bahan bangunan. Ketika ditanya mengenai keputusan tersulit yang pernah dibuatnya, ia menanggapi pertanyaan tersebut dengan komentar: "Saya tidak pernah mengenal adanya keputusan yang sulit. Segala yang dapat saya lakukan adalah yang terbaik, yang mampu saya lakukan. Kekuatiran yang berlebihan hanya akan menghalangi pikiran yang jernih". 

William Smithburg, pimpinan sebuah perusahaan terkenal Quaker Oats, bertanggung jawab atas dua "kesalahan" yaitu pengambilalihan sebuah perusahaan video game yang kini telah ditutupnya, dan sebuah bisnis alat-ekstra/perhiasan hewan peliharaan, yang dibelinya dan kemudian sekali lagi terpaksa ditutupnya. Suatu kali ia berkata kepada para karyawannya, "Saya ingin agar Anda semua berani mengambil resiko karena tak ada seorang pun manajer senior yang bekerja di perusahaan ini yang belum pernah mengalami kegagalan, termasuk saya sendiri. Sama halnya dengan seorang yang belajar bermain ski, Anda tidak akan pernah mencapai kemajuan bila Anda tidak pernah jatuh".

Saya tidak bermaksud mengatakan bahwa pemimpin yang saya wawancarai merasa bangga dengan kegagalan-kegagalan yang pernah mereka buat, namun yang pasti mereka yakin bahwa mereka dan para bawahan mereka dapat belajar dari kesalahan-kesalahan yang mereka buat. Beberapa tahun yang lalu seorang pimpinan yunior IBM yang dianggap sangat potensial membuat suatu kesalahan besar sehingga menyebabkan perusahaan tersebut mengalami kerugian beberapa juta dolar. Thomas J. Watson Sr, salah seorang pendiri IBM, memanggil pemimpin muda tersebut ke kantornya, dan begitu bertemu, pimpinan yunior tersebut langsung mengatakan , "
Anda pasti menginginkan pengunduran diri saya, bukan?" Namun dengan tenang Waltson menjawab, "Tidak, sama sekali tidak. Bukankah kita telah mengeluarkan biaya beberapa juta dolar untuk pendidikan Anda?"

Sikap lain yang dijumpai dalam diri para pemimpin yang sukses adalah bahwa mereka sangat menghargai enerji-enerji yang telah mereka curahkan dalam mengerjakan suatu tugas. Dalam diri mereka kita juga menemukan suatu penggabungan antara kerja keras dan santai. Para pimpinan tersebut sangat menikmati pekerjaan yang mereka lakukan sehingga tidak ada waktu untuk memikirkan rasa kuatir akan kegagalan. Mereka meniti kepemimpinan secara tegar tanpa rasa takut.
"Every time I have to approve a promotion, I ask, "What the biggest mistake this person has made?" Because somebody hasn't made a big mistake along the way, he hasn't had the courage to make big decision, or the chance to learn". Peter Brabeck, CEO Nestle Switzerland. 
--------------------------------------- 





OVERCOMING OBSTACLES 


~ Obstacles are what you see when you take your eyes off your goals.

~ Any great achievement is preceded by many difficulties and many lessons; great achievements are not possible without them.
~ After every difficulty, ask yourself two questions: "What did I do right?" and "What would I do differently?"

~ Resolve in advance to persist until you succeed, no matter what the difficulty.
~ You most valuable asset can be your willingness to persist longer than anyone else.

~ Difficulties come not to obstruct, but to instruct 

(The Treasury of Quotes by Brian Tracy America's Leading Business Authority on Success) 
--------------------------------------- 


~ Banyak gagasan besar menjadi hilang karena orang yang memilikinya tak tahan ditertawakan orang - Anonim
~ Mengetahui apa yang benar tapi tidak melakukannya, itulah kepengecutan yang tak berampun - Konfusius

~ Undanglah semua gagasan yang masuk dan jamulah mereka sebaik mungkin, sebab suatu ketika salah satu dari mereka akan menjadi raja - Mark van Doren
~ Doa adalah kunci di pagi hari dan sekrup di malam hari - Mohandas K. Gandhi

~ Antisipasi adalah kaca pembesar dalam melihat kejadian-kejadian yang akan datang - Anonim

(Buku Sukses & Prestasi, berbagai edisi terbitan Mitra Utama)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar